Kamis, 06 Juni 2013

Manfaat Kriptografi dalam Kehidupan

Kriptografi adalah algoritma untuk mengubah suatu informasi dari bentuk aslinya ke dalam bentuk yang acak/random yang hanya bisa dibobol oleh orang yang mengetahui passwordnya. Karena sangat menjamin keamanan pengguna, kriptografi sangat bermanfaat untuk menyembunyikan dan mengamankan file pengguna. Alasan pengguna untuk menyembunyikan file bisa berbagai macam. Salah satunya, ada yang membutuhkan kriptografi untuk alasan privasi dan kepentingan rahasia pengguna. Sehingga dengan adanya kriptografi ini, pengguna tidak perlu cemas ataupun takut jika privasinya akan terbongkar.


Selain untuk alasan privasi, kriptografi juga digunakan untuk alasan autentikasi di mana penerima pesan dapat memastikan bahwa pesan/informasi yang didapat tidak mengalami perubahan dan dikirimkan oleh orang yang diinginkan. Sehingga si penerima pesan tidak perlu khawatir jika pesan yang dikirimkan merupakan pesan palsu yang dikirimkan oleh orang lain yang mengatasnamakan pengirim yang diinginkan. Tidak ada yang bisa mengirimkan pesan selain orang yang diinginkan. Dengan demikian, hal ini sangat memudahkan kita untuk berkoordinasi bersama sekalipun terdapat kehadiran mata-mata musuh. Inilah yang digunakan di dalam militer oleh para pengenkripsi untuk mengirim pesan agar tidak disadap oleh pihak lain.
Dibalik kelebihan-kelebihan kriptografi itu, kriptografi tidak menjamin 100% keamanan file/pesan tertentu. Masih ada kemungkinan di mana para hacker yang mencoba-coba membobol password dengan memasukkan kata kunci acak. Sekalipun memakan waktu yang sangat lama karena password yang dienkripsi bisa lebih dari 100 digit, tetapi kemungkinan bocor masih tetap ada.

0 komentar:

Poskan Komentar